So You Want to be a Work-at-Home Mom

Posted on | Senin, 19 September 2011 | No Comments

Para ibu saat ini adalah wanita yang sangat berambisi menginginkan tercapainya 2 hal yaitu karir dan keluarga, tanpa harus kehilangan waktu berharga mereka bersama dengan anak anak. Mereka berusaha mencari cara untuk mendapatkan keduanya, dan kemudian mereka menemukan bahwa sebenarnya hal itu mungkin terjadi, untuk bekerja dari rumah dan pada waktu yang sama mendapatkan keseimbangan dengan keluarga.



Kedengarannya mungkin seperti mimpi, tetapi itu nyata. Bukankah hal ini memang dimulai dari mimpi.



Ada beberapa wanita beruntung yang memperoleh pekerjaan atau bisnis yang mengijinkan mereka untuk melakukannya dari rumah, tetapi hal ini bukanlah hal yang mudah bagi kebanyakan wanita. Menemukan cara agar bisa tinggal dirumah sementara tetap bisa memberikan kontribusi keuangan keluarga adalah sesuatu yang dicari banyak wanita, tetapi hanya sedikit yang tahu bagaimana mendapatkannya.



Kami berharap kami bisa membuat hal itu mudah bagi anda 

Menjadi Bagian di Rumah Tangga

Anda mungkin berharap kami segera meluncurkan bab tentang betapa indahnya hidup jika anda bekerja dirumah. Namun, setelah beberapa tahun kami bekerja dari rumah, kami menyadari bahwa yang pertama dibutuhkan untuk mewujudkan hal tersebut adalah anda harus menjadi bagian dalam kehidupan rumah tangga anda. Fokus pikiran anda adalah dimana kebahagian sejati terletak. “ Dimana hartamu berasa, disitu hatimu berada(Matius 6:21)
Sebelum memulai pencarian karir anda yang  akan memungkinkan anda bekerja dari rumah, yang perlu anda ingat adalah Tuhan telah menempatkan anda dimanapun anda berada sekarang dengan suatu alasan. Hal itu mungkin hanya untuk sementara dalam hidup anda, atau bisa juga untuk jangka yang panjang. Namun apapun itu, percayalah bahwa Tuhan akan menyediakan yang terbaik untuk anda, walaupun mungkin itu terlihat sedikit berbeda dengan hal terbaik menurut anda.

Menjadi seorang ibu dan bekerja diluar rumah bisa menjadi sangat menantang. Mengatur jadwal, mengantar anak anak, dan kelelahan di malam hari sehingga anda tidak punya tenaga lagi untuk menikmati anak anak anda memainkan korbannya. Namun, menjadi ibu yang bekerja di rumah setiap hari, sepanjang hari, juga menyajikan tantangan unik tersendiri. Sesuatu yang monoton, bahkan membosankan. Anak anak, rumah, tanggung jawab – daftar ini terus menerus dan tidak berhenti.

Dalam kedua kasus ini rasanya mustahil untuk mempunyai sikap syukur. 

Jalan yang dilalui bisa saja berat, tetapi pada akhirnya, hidup anda terasa lebih ringan dan menyenangkan jika anda dapat mengatasi ketidakpuasan itu.

Bersyukur

Salah satu sikap yang paling sulit dilakukan adalah bersyukur. Sangat mudah untuk terjebak dalam hal negatif yang terjadi setiap hari.Namun, penting untuk bersyukur untuk setiap berkat yang Tuhan beri.
Buatlah daftar hal hal dalam kehidupan anda yang membuat anda bersuyur. Anda bisa memulai daftar tersebut dari keluarga dan kemungkinan bekerja dari rumah, kemudian anda bisa melanjutkannya dari sana. Ambil waktu untuk mengucap syukur kepada Tuhan untuk setiap hal yang ada dalam daftar anda. Begitu anda memulai menumbuhkan sikap bersyukur, anda akan mulai menyadari lebih banyak hal tiap hari yang bisa anda tambahkan pada daftar anda.

Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar.
Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. (1 Tim 6:6-8)


Memberi

Merubah sikap anda adalah langkah awal untuk menemukan kepuasan. Menjangkau dan membantu orang lain adalah cara yang terbukti untuk mengubah sikap anda.
Temukan seseorang yang memerlukan sahabat, dan berusaha dengan sadar untuk menemaninya setiap minggu atau setiap bulan. Atau  carilah pelayanan yang anda dambakan dan terlibatlah didalamnya. Anda akan terheran heran dengan investasi diri anda pada orang lain yang akan merubah sikap anda. Jika anda menjalankan bisnis dari rumah, mungkin anda bisa memberkati orang lain dengan memberikan produk yang tidak bisa meraka dapatkan atau memberikan diskon special yang akan mencerahkan hari mereka. Mungkin anda bisa menjadi mentor dari seseorang.
 

Terimalah Situasi Anda

Kunci komponen dari kepuasan adalah penerimaan. Penerimaan bukan berarti anda tidak berjuang untuk kehidupan yang lebih baik. Artinya ialah anda berdamai dimanapun anda berada saat ini.
Selalu akan ada pencapaian yang lebih-uang yang banyak, naiknya martabat.
Jika anda menghabiskan hidup anda dengan berfokus pada apa yang anda belum punyai atau apa yang anda belum dapatkan dalam hidup anda, anda akan selalu merasa sedih. Rayakan setiap kesuksesan anda, tidak peduli seberapa besar atau seberapa kecil hal itu.
Periksa hidup anda dan lihatlah bahwa semua didalamnya baik. Semua hal baik adalah pemberian Tuhan. Terimalah bahwa Dia bersama Anda saat ini. Dia akan selalu bersama anda di setiap kesuksesan dan kegagalan. TIdak ada yang bisa anda lakukan untuk membuat Dia mencintaimu lebih, dan tidak ada yang bisa anda lakukan yang membuat cintaNya berkurang untuk anda.

Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya. (Efesus 2:10)

Fokus pada Kristus
Ini mungkin terdengar klise, tetapi sebenarnya memang mudah sekali untuk memindahkan focus kita dari Tuhan kepada diri sendiri.Ketika para ibu bekerja dirumah, kebutuhan keluarga, bisnis, dan kebutuhan pribadi terkadang bisa memakan semuanya, dan hanya menyisakan sedikit waktu untuk memenuhi kebutuhan rohani.Tetapi focus pada hubungan anda denga  Tuhan adalah sesuatu yang harus anda lakukan terlabih dahulu. Jika hubungan anda dengan Kristus lemah, semua hubungan yang lain akan terpengaruh.
Cobalah latihan ini yang akan membantu anda untuk tetap focus padaNya :
1.     Bacalah Alkitab anda setiap hari.
Buatlah komitmen untuk membaca minimal satu ayat setiap hari.Kitab Amsal adalah kitab yang tepat untuk memulai, atau mulailah dengan ayat ayat dari Injil Yohanes untuk melihat lebih dekat kehidupan Kristus.
2.     Menumbuhkan kehidupan doa yang aktif. Anda bisa berdoa kapan saja dan dimana saja.
3.     Renungkanlah firman Tuhan
4.     Tunggu, kepuasan tidak akan tercapai dalam 1 malam.Jika anda mulai merasakan ketidakpuasan,cobalah lihat melalui hidup andauntuk kembali mengingat  cara Allah mengubah anda.Hal yang Dia lakukan untuk membawa anda lebih dekat kepada kepuasan. Kepuasan datang pada waktuNy. Jadi persilahkan Dia untuk bekerja dalam kehidupan Anda.


Note : Diterjemahkan bebas dari "So You Want to be a Work-at-Home Mom", by Jill Hart and Diana Ennen © 2009 by Jill Hart, Diana, from CWAHM (Christian Work at Home Moms) 




Comments

Leave a Reply

Search

Photobucket

Followers